Sabtu, 30 November 2013

Tutorial smoke modeling use Blender 2.68

    1.   Double klik icon dari Blender
    2.  Muncul layar utama blender seperti ini















        3. lalu ubah objek kubus yang terdapat di layar itu sesuai keinginan anda. Dengan menggunakan shortcut “S”. tekan huruf S tersebut sampai membentuk ukuran kubus sesuai keinginan.
     












   4.  Setelah itu ubah tampilan kubus tersebut menjadi mode wireframe. Atau dapat menggunakan shortcut huruf “Z”. Maka akan tampak seperti ini :












    5. Lalu tambahkan bentuk sebuah piringan yang berbentuk persegi. Dengan cara pilih menu add -> mesh -> Plane.













    6.  Lalu letakkan plane tersebut di dalam kubus yang sudah transparan tadi.
















    7. Lalu select kubus tersebut dan arahkan kursor ke menu yang berada di sebelah kanan layar. Dan ikuti langkah  - langkah sesuai gambar dibawah :



8.  Lalu kita select plane ( persegi ) yang berada di dalam kubus tadi, arahkan kursor ke menu yang di sebelah kanan. 



    9 . Masih dengan objek Plane tadi. Arahkan kursor ke option particle. Seperti gambar dibawah ini prosesnya. Lalu arahkan kursor ke simbol ( + ) pada gambar di bawah maka akan muncul rentetan pilihan mode – mode. Sepeti gambar dibawah .

Pilih bagian render pada mode – mode yang tersedia. 
     Lalu Pilih Option None pada Menu Render. 



10. Lalu kembali ke menu physic yang terdapat di sebelah menu particles tadi. Dan ikuti seperti gambar dibawah ini. kolom flow source nya pilih Particle System begitu pula di kolom Particle Systemnya juga sama. 



















   11.  Langkah selanjutnya adalah select kembali kubusnya lalu arahkan kursor ke deretan menu yang disebelah kanan , yakni menu material. 





































    12.  Masih sama select kubus tadi, lalu pilih menu texture, lalu akan muncul tampilan dari menu texture itu. Kemudian langkah – langkahnya pada menu texture adalah :
a.       Arahkan kursor ke bagian type yang awalnya terdapat kata None. Lalu pilihlah Voxel Data.
b.      Ganti Domain Objectnya yang awalnya bertuliskan Camera, ubah menjadi Cube
c.       Lalu pada bagian influence klik atau ceklis pada pilihan Densitynya. 





























































   13.Kemudian select kembali Planenya dan tekan tombol shotcut Alt + a untuk melihat hasilnya seperti tampak gambar dibawah ini :


0 komentar:

Posting Komentar

 
Themes by bonard alfin blog - blogger templatesSupported by studio rekaman | forum audio | playstation vita