Kamis, 03 November 2011

Menghargai Antar Sesama Manusia

Di dalam kehidupan ini diantara sesama manusia harus ada namanya saling menghargai sesama manusia. Kareng jika saling menghargai sesama manusia akan menciptakan kehidupan yang aman, tentram dan indah. Sikap menghargai itu pengertiannya adalah sikap toleransi sesama umat manusia, menerima perbedaan antara setiap manusia sebagai hal yang wajar, dan tidak melanggar has asasi manusia lain.
Sikap ini adalah sikap damai, dimana seseorang menganggap keberadaan orang lain sebagai bagian dari lingkungan sama seperti dirinya, tidak saling bermusuhan atau merugikan antar sesame manusia, tidak membeda – bedakan warna kulit ( ras ),  tidak menganggap bahwa dirinya adalah manusia yang hebat dibandingkan manusia yang lain dan tidak menganggap manusia lain itu lebih rendah. Menghargai orang lain, sebagai salah satu unsur kecerdasan moral adalah elemen yang penting untuk kita tanamkan sejak dini. Dengan bisa menghargai orang lain, kita bisa menjadi insan yang lebih baik dan terpuji.
Bagaimana Menghargai Orang Lain?
Tahukah Anda bahwa orang lain akan lebih menghargai orang yang menghargai mereka? Nah, sebelum kita menuntut orang lain menghargai kita, kita perlu terlebih dahulu menghargai mereka. Kuncinya hanya satu: buat orang lain merasa penting dan berharga.
Langkah 1: Kenali Orang-orang Sekitar
Tiap hari kita berinteraksi dengan orang lain. Orang-orang yang paling sering berhubungan dengan kita adalah mereka yang berada di sekitar kita: keluarga, tetangga, dan rekan sekerja. Nah, kenali orang-orang di sekitar kita. Perhatikan bahwa kita memiliki persamaan dan perbedaan dengan mereka. Dengan demikian akan lebih mudah bagi kita untuk bekerja sama dengan mereka dan menghargai mereka.
Langkah 2: Fokus pada Kelebihan
Seringkali kita lebih fokus pada kesalahan dan kekurangan orang lain. Hal ini menyebabkan kita sulit sekali menghargai mereka. Sebaliknya, karena kita selalu memperhatikan kekurangan orang lain, orang lain pun menjadi enggan berinteraksi dan bekerja sama dengan kita karena mereka merasa enggan jika selalu merasa “dipermalukan”. Yang perlu kita ubah adalah fokus kita: coba fokuskan perhatian kita terlebih dulu pada kelebihan orang lain, kita akan mendapatkan hasil yang luar biasa.
Langkah 3: Bangun Hubungan Saling Percaya
Ternyata hukum timbal balik memang berlaku dalam hidup ini. Jika kita tidak memercayai orang lain, mereka pun tidak akan memercayai kita. Sebaliknya, jika kita memercayai orang lain, orang lain akan memercayai kita. Sebuah kerja sama bisnis pada dasarnya harus dibangun atas dasar kepercayaan.
Contohnya yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari – hari adalah salah satu dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan yakni pada saat proses pembelajaran. Dimana seorang guru yang sedang menjelaskan pelajaran di didepan kelas, semua murid harus menyimak dengan baik, karena dengan menyimak penjelasan dari guru itu salah satu proses menghargai seseorang dan contoh seperti ini juga harus dilaksanakan oleh para mahasiswa terhadap dosen. Selain dari contoh diatas banyak sekali contoh yang lainm terdapat ketika kita dalam rapat ( musyawarah ). Didalam rapat tersebut , ada seseorang yang mengeluarkan sebuah opini atau pendapat tentang masalah tertentu, lalu jika seseorang sedang menjelaskan pendapatnya kita tidak boleh memotong pembicaraan orang tersebut karena itu tidak baik dan itu bukan contoh kita menghargai seseorang yang sedang berbicara.
Mengapa Harus Menghargai Orang Lain?
Suka atau tidak, kita hidup dengan berinteraksi dengan orang lain. Lalu, bagaimana cara kita membina hubungan baik dengan orang lain agar hidup kita menjadi lebih menyenangkan ?
1.      Saling membutuhkan
2.      Saling menguntungkan
3.      Saling mengisi , dan
4.      Saling menguatkan
Manfaat yang kita dapat jika kita menghargai orang lain adalah orang lain pun akan menghargai diri kita , lalu orang tersebut akan respect terhadap kita dan mengenal baik kita, lalu dapat menjalin hubungan silaturahmi atau pertemanan dengan baik.

1 komentar:

Rolli putra mengatakan...

kunjungan sore bosss

Poskan Komentar

 
Themes by bonard alfin blog - blogger templatesSupported by studio rekaman | forum audio | playstation vita