Profile PT Telekomunikasi
Indonesia Tbk
Perusahaan yang akan saya bahasa
adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Perusahaan ini bergerak
di bidang informasi dan komunikasi serta
penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Alasan saya
mengambil perusahaan ini karena saya salah satu pengguna dari Jasa jaringan
dari perusahaan ini yaitu adalah Speedy.
Pendahuluan
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
(Persero) biasa disebut Telkom Indonesia atau Telkom saja (IDX:TLKM ,LSE: TKID,
NYSE: TLK) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan
jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom mengklaim sebagai
perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan
telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta.
Telkom merupakan salah satu BUMN
yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (52,47%), dan 47,53%
dimiliki oleh Publik, Bank of New York, dan Investor dalam Negeri.Telkom juga
menjadi pemegang saham mayoritas di 13 anak perusahaan, termasuk PT
Telekomunikasi Selular (Telkomsel).
Sejarah
Sejarah dari PT Telkom juga
mempunyai beberapa fase, dan fase – fasenya dapat dilihat di bawah ini :
Era
kolonial
Pada tahun 1882, didirikan sebuah
badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi
kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post
Telegraaf Telefoon (PTT). Sebelumnya, pada tanggal 23 Oktober 1856, dimulai
pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yang menghubungkan
Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg).[2] Pada tahun 2009 momen tersebut
dijadikan sebagai patokan hari lahir Telkom.
Perusahaan
negara
Pada tahun 1961, status jawatan
diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian
pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN
Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).
Perumtel
Pada tahun 1974, PN
Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel)
yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun
1980 seluruh saham PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat) diambil
alih oleh pemerintah RI menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk
menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel.
Pada tahun 1989, ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi,
yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.
PT
Telekomunikasi Indonesia (Persero)
Pada tahun 1991 Perumtel berubah
bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan
Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.
PT
Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
Pada tanggal 14 November 1995
dilakukan Penawaran Umum Perdana saham Telkom. Sejak itu saham Telkom tercatat
dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES)
(keduanya sekarang bernama Bursa Efek Indonesia (BEI)), Bursa Saham New York
(NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham Telkom juga diperdagangkan tanpa
pencatatan di Bursa Saham Tokyo. Jumlah saham yang dilepas saat itu adalah 933
juta lembar saham.
Tahun 1999 ditetapkan
Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi. Sejak tahun 1989,
Pemerintah Indonesia melakukan deregulasi di sektor telekomunikasi dengan
membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli
telekomunikasi Indonesia.
Tahun 2001 Telkom membeli 35%
saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi
restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan
penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara Telkom dan
Indosat. Sejak bulan Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan
telekomunikasi lokal.
Pada 23 Oktober 2009, Telkom
meluncurkan "New Telkom" ("Telkom baru") yang ditandai
dengan penggantian identitas perusahaan.
Visi,
Misi Dan Tujuan
Visi
Menjadi Perusahaan yang unggul
dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan
Services (“TIMES”) di kawasan regional.
Misi
Menyediakan layanan TIMES yang
berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.Menjadi model pengelolaan
korporasi terbaik di Indonesia.
Visi dan Misi ditetapkan
berdasarkan keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012
pada tanggal 30 Mei 2012.
1.
Corporate
Culture : The New Telkom Way
2.
Basic
Belief : Always The Best
3.
Core
Values : Solid, Speed, Smart
4.
Key
Behaviors : Imagine, Focus, Action
SERTA INISIATIF STRATEGIS
·
Pusat
Keunggulan.
·
Menyelaraskan
struktur bisnis dan pengelolaan portofolio.
·
Percepatan
implementasi broadband melalui layanan konvergen.
·
Pengelolaan
portofolio nirkabel.
·
Mengintegrasikan
solusi ekosistem Telkom Group.
·
Berinvestasi
di layanan teknologi informasi.
·
Berinvestasi di bisnis media dan edutainment.
·
Berinvestasi
di bisnis wholesale dan peluang bisnis internasional yang strategis.
·
Memaksimalkan
nilai aset di bisnis yang saling terkait.
Mengintegrasikan Next Generation
Network (“NGN”) dan Operational support system, Business support system,
Customer support system and Enterprise relations management (“OBCE”) untuk
mencapai penyempurnaan beban biaya.
Inisiatif strategis ditetapkan
berdasarkan keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk
No.09/KEP/DK/2012 yang ditetapkan pada 30 Mei 2012.
Nilai-Nilai
Perusahaan
Budaya Perusahaan The Telkom Way
memiliki lima nilai Perusahaan yaitu:Commitment to long-term, Customer first,
Caring meritocracy, Co-creation of win-win partnership, dan Collaborative
innovation yang selanjutnya kami sebut dengan istilah 5C.
Nilai-nilai 5C merupakan upgrade
dari nilai-nilai budaya perusahaan yang terdahulu, dengan lebih menonjolkan
terbangunnya perilaku baru yang spesifik
melalui beberapa pendekatan. Pada semester II tahun 2012, Perusahaan menetapkan
Great Spirit 3S (Solid, Speed, Smart)
agar lebih memacu pencapaian kinerja unggul.
Evaluasi
Implementasi Etika Bisnis dan Budaya Perusahaan
Setiap tahun kami melakukan
survei internal untuk mengetahui efektivitas penerapan budaya Perusahaan dan
etika bisnis, kami menyebutnya dengan istilah Etika Bisnis Family Survey.
Beberapa pertanyaan survei kami tanyakan kepada karyawan secara online agar
dapat menjangkau semua karyawan secara cepat, antara lain meliputi: GCG, Etika
Bisnis, Tata Nilai The Telkom Way, anti fraud, pengendalian internal, pakta
integritas, whistleblowing system, dan lain-lain dan hasil survei tiga tahun
terakhir adalah 73,62 poin (tahun 2010); 79,07 poin (tahun 2011) dan 76,53 poin
(tahun 2012) dari skala 100 poin.
Cakupan
Produk
Cakupan Produk dari PT
Telekomunikasi Indonesia Tbk ada berbagai macam seperti Phone ,Broadband dan
TV. Contoh dari Phone adalah seperti telepon rumah dalam jangkauan SLI, SLJJ
dan lain lain, kemudian untuk broadband
seperti akses internet melalui modem dan untuk tv jasa pelayanan televisi
dengan nama UseeTv.
1.
My Phone
PT. TELKOM Indonesia Tbk. sebagai
sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang menyediakan
layanan baru dengan teknologi terkini yaitu CDMA (Code Division Multiple
Access). CDMA adalah teknologi akses voice dan data, dimana setiap user
menggunakan code tersendiri yang unik dalam mengakses kanal frekuensi yang sama
dalam sebuah sistem. Pada CDMA, sinyal informasi pada transmitter dicoding dan
disebar dengan bandwidth sebesar 1.25 MHz (spread spectrum), kemudian pada sisi
receiver dilakukan decoding sehingga didapatkan sinyal informasi yang
dibutuhkan.
PT TELKOM Indonesia tbk. melalui
Divisi Telkom Flexi akan memanfaatkan CDMA sebagai telepon fixed wireless
digital yang digunakan sebagai telepon rumah (fixed phone) dan telepon bergerak
(mobility). Layanan fixed wireless berbasis CDMA diberi brand “TELKOMFlexi”
sebagai telepon bergerak terbatas dalam satu area code, hal ini dimungkinkan
karena “TELKOMFlexi” memiliki fitur limited mobility.
Para pakar teknologi telepon
seluler sepakat bahwa kecanggihan CDMA jauh melebihi GSM yang sekarang ini
banyak dipergunakan oleh operator telepon seluler di Indonesia. Para pelaku
bisnis telepon seluler (hand phone) memperkirakan bahwa “TELKOMFlexi” mendapat
sambutan positif masyarakat mengingat tarifnya jauh berada dibawah GSM karena biaya
investasinya sangat murah. Tentu saja, kehadiran “TELKOMFlexi” membuat lega
calon pelanggan telepon yang sudah lama mendambakan telepon hemat maupun
pelanggan ponsel yang mendambakan telepon seluler alternatif.
2.
My
Broadband
SPEEDY
adalah merupakan layanan broadband akses internet dari Telkom Indonesia
berkualitas tinggi bagi perumahan serta SME (Small Medium Enterprise).
Speedy
menggunakan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Line Subscriber), MSAN (Multi
Service Access Node), dan GPON (Gigabit Passive Optical Network), yang
menghantarkan sinyal digital berkecepatan tinggi melalui jaringan telefoni
secara optimal bagi keperluan konsumsi konten internet, dengan kecepatan data
dari 384 kbps hingga 100 Mbps. Tetapi tidak menutup kemungkinan penggunaan
teknologi baru lain yang lebih baik/terbaru.
Saat
ini Telkom menyediakan 3 (tiga) jenis layanan Speedy:
1. Speedy Reguler: merupakan produk layanan internet broadband
yang diperuntukkan bagi pelanggan perumahan (family) atau personal yang hanya
membutuhkan akses internet standar misalnya untuk keperluan browsing, chatting,
gaming, download email, dan lain-lain. Speedy Reguler ditawarkan dalam paket
berlangganan dengan kecepatan mulai dari 384 kbps – 100 Mbps, tergantung
kondisi jaringan setempat.
Karakteristik:
- SLG (Service Level Guarantee) standard untuk segmen perumahan.
- Asymmetric dengan perbandingan upstream jauh lebih kecil dari downstream.
- Abonemen / berlangganan.
- Unlimited.
2. Speedy Instan: merupakan produk yang diluncurkan oleh
TELKOM sebagai salah satu upaya untuk menyediakan layanan broadband yang siap
pakai oleh pelanggan (Pay as you use). Pelanggan yang belum berlangganan paket
Speedy Reguler dapat menggunakan layanan broadband dengan cara membeli paket
harian baik prepaid maupun postpaid.
Karakteristik:
- SLG (Service Level Guarantee) standard untuk segmen perumahan.
- Asymmetric dengan perbandingan upstream jauh lebih kecil dari downstream.
- Pay As You Use.
- Limited sampai kuota waktu habis.
3. Speedy Gold: merupakan produk layanan internet
broadband yang diperuntukkan bagi pelanggan SME (Small Medium Enterprise) yang
membutuhkan layanan internet untuk keperluan bisnis, misalnya mail server
kecil, web server pribadi, warnet dll. Speedy Gold ditawarkan dalam paket
berlanggan dengan kecepatan mulai 512 kbps – 100 Mbps.
Karakteristik
- SLG standard untuk segmen bisnis.
- Asymmetric dengan perbandingan upstream lebih kecil dari downstream (kualitas lebih baik dari Speedy Reguler).
- Abonemen / berlangganan.
- Unlimited.
3.
My TV
UseeTV adalah layanan portal
hiburan, informasi dan lifestyle, berupa berbagai macam konten streaming
digital maupun aplikasi, seperti video film, video klip musik, karaoke, Live
TV, TV on Demand, Live Streaming Radio dan Radio on Demand yang dapat diakses
melalui berbagai media seperti Laptop, smartphone (handphone), tablet dan layar
televisi (coming soon). Saat ini sudah tersedia aplikasi mobile untuk gadget
berbasis iOS (Apple) dan Android. Untuk Blackberry, Symbian dan Windows Mobile
dapat mengakses melalui mobile site: m.useetv.com. Untuk aplikasi OS lainnya
(Windows Phone) masih dalam tahap development.
UseeTV dapat dinikmati diseluruh
area selama terkoneksi dengan internet. Paket Basic adalah layanan gratis yang
dapat dinikmati pelanggan USeeTV tanpa melakukan registrasi. Konten yang
termasuk dalam paket basic adalah ToVi, VOD, Live TV, dan Radio. Paket Premium
/ ToVi adalah layanan premium yang dapat dinikmati pelanggan TelkomGroup
UseeTV. Konten yang termasuk dalam paket ini adalah paket basic dan konten
dengan kategori ToVi yang terdiri dari sub-category New dan Movie. Pada masa
promosi bulan September, paket premium (ToVi/Movie) akan dikenakan biaya
sebesar Rp.3.500,- belum termasuk PPn, dan setelah masa periode promosi
berakhir, biaya langganan per bulan untuk pelanggan ToVi/Movie adalah
Rp.10.000,- belum termasuk PPn. Sedangkan untuk paket premium ToVi/New
pelanggan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.500,- per dua hari untuk satu
film, belum termasuk PPn.
UseeTV menggunakan teknologi
adaptive streaming yang memungkinkan layanan UseeTV tetap jalan pada kecepatan
internet minimum yang didapat. Kualitas gambar video disesuaikan dengan
kecepatan internet yang diperoleh. Fitur seamless juga menjadi andalan dari
layanan ini dimana pelanggan dapat melanjutkan menonton acara hiburan dari satu
device ke device lainnya, serta melihat history content yang telah dinikmati
dan dapat mengulanginya kembali untuk diputar bila diinginkan.
Dapat dinikmati di multi layar
(PC/Laptop, tablet/smartphone, dan segera di televisi). Tersedia bermacam
layanan hiburan live TV, TV on Demand, Video on Demand (movie), dan radio
streaming. TV on demand, dimana pelanggan dapat menikmati tayangan tv 3 hari
sebelumnya. Jenis film yang tersedia adalah film-film lokal indonesia dan
internasional, jumlah film yang ada saat ini berjumlah 200 judul dan akan
ditambah setiap minggunya.
YesTV
YesTV adalah televisi
berlangganan yang memberikan tayangan program, informasi, hiburan, olahraga,
dan pengetahuan. Saluran TV yang disediakan oleh YesTV tidak berbeda dengan
TelkomVision, hal yang membedakannya adalah perangkat keras yang digunakan.
Paket layanan.
Berikut ini adalah macam-macam
paket yang disediakan dan stasiun TV yang tersedia. Seiring waktu dan perubahan
layanan, di bawah ini adalah paket terbaru yang disediakan YesTV:
- Dunia Anak: Cartoon Network, Disney Channel, Disney Junior, JimJam (kode paket: 211)
- Dunia Pendidikan: National Geographic Channel, Discovery Channel, Animal Planet, Channel [V], National Geographic Wild (kode paket: 212)
- Film Laris: HBO, HBO Signature, Fox Movies Premium, Cinemax, Celestial Movies (kode paket: 221)
- Olahraga: STAR Sports, Fox Sports, Goal TV 1, Goal TV 2, Arena (kode paket: 222)
- Keluarga Sportif: Diva Universal, MGM, FX, Arena, STAR Sports, Fox Sports, National Geographic Adventure, Discovery Turbo, CNN International, National Geographic Channel, Discovery Channel, Animal Planet, Goal TV 1, Goal TV 2, National Geographic Wild, Channel [V] (kode paket: 231)
- Keluarga Fantasi: BBC World, Asian Food Channel, E! Entertainment, FOX, Fox Movies Premium, Max, Celestial Movies, AXN, STAR World, FOX Crime, Channel [V], JimJam, Cartoon Network, Disney Channel, Disney Junior, Travel & Living Channel (kode paket: 232)
- Super: HBO, HBO Signature, Max, Fox Movies Premium, Celestial Movies, Fox Sports, STAR Sports, STAR World, AXN, BeTV, National Geographic Channel, Animal Planet, Animax, Channel [V], JimJam, Cartoon Network, Disney Channel, Arena, CNN International, Goal TV 1, Goal TV 2, CNBC Asia, National Geographic Wild, FOX, FOX Crime, FX, Disney Junior (kode paket: 241)
Saya disini juga salah satu pelanggan dari product PT Telkom yaitu adalah Speedy. Saya telah memakai speedy ini hampir 2 tahun. Selama hampir 2 tahun ini dalam pengoperasian speedy nya sudah cukup memuaskan keluarga saya. Dengan pembayaran awal berkisar Rp 150.000 dengan packet unlimited kalau tidak salah namun sekarang malah bertambah dalam hal biaya. Tetapi dengan menaiknya harga biaya, bandwitchnya pun sekarang lebih stabil.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar