Minggu, 14 Juni 2015

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA (APLIKASI GO JEK)

Nama : Dwi Prayogo Kurniadi
NPM : 52411254
Kelas : 4IA05

Pendahuluan

Perkembangan teknologi pada saat ini banyak sekali jenis – jenisnya contohnya seperti pada jaringan 4G yang sedang marak didengar dan sudah ada di Indonesia saat ini. Selain dari pada itu teknologi sekarang tidak lepas dari kebutuhan dari masyarakat yang ingin serba cepat dan juga tidak lepas dari pemakaian gadget atau smartphone yang sudah beredar luas di Indonesia ini. Dalam smartphone pun banyak sekali aplikasi – aplikasi pendukung masyarakat agar mendapatkan informasi secara cepat dan tepat.


Semua bidang mulai merambah untuk menggunakan teknologi agar mempermudah pekerjaannya. Termasuk ojek. Ya, angkutan umum roda dua ini tidak ingin kalah dan tertinggal dengan perkembangan teknologi yang ada.

Pengguna ojek kini tidak perlu khawatir. Sebuah perusahaan rintisan (startup) bernama Go-Jek merilis aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk memesan ojek tanpa harus mencari pangkalan di sudut jalan.

Aplikasi ini hadir pada ponsel berbasis iOS dan Android. Untuk ponsel iOS pengguna dapat mengunduh secara gratis di AppStore dan untuk ponsel Android, dapat diunduh melalui Google Play Store.


Ide dan Sejarah

Kemacetan yang luar biasa di ibu kota Jakarta memang semakin mengkhawatirkan. Berbagai cara yang telah ditempuh pemerintah DKI Jakarta sampai saat ini belum mampu mengatasi kemacetan yang ada. Dengan segudang aktivitas dan mobilitas tinggi yang ada pada masyarakat ibu kota jelas kemacetan adalah sebuah kendala besar. Jumlah pertumbuhan kendaraan yang tidak berimbang dengan pertambahan jalanan ini tentu membuat kemacetan semakin menjadi-jadi. Transportasi umum yang ada di ibu kota juga belum bisa memberi solusi yang memadai.
Permasalahan kemacetan ini ternyata membawa ide seseorang untuk membuka sebuah bisnis. Dengan pengalamannya saat naik ojek dijalanan yang macet inilah, Nadiem Makarim kemudian menciptakan Go-Jek, sebuah layanan antar jemput dengan ojek modern berbasis pesanan. Ojek yang merupakan kendaran motor roda dua ini memang transportasi yang sangat efektif untuk mobilitas di kemacetan kota.

Nadiem adalah sebagian orang yang pernah merasakan efektifnya ojek tersebut. PT. Go-Jek Indonesia yang sudah melewati perjalanannya sejak tahun 2011 ini kini sudah memiliki 1.000 armada ojek yang tersebar diseluruh kawasan Jabodetabek. Setiap harinya Go-Jek bisa melayani lebih dari 150 orderan personal, belum termasuk orderan perusahaan.
Dengan perkembangannya yang pesat ini, Go-Jek melalui Managing Directornya Nadiem Makarim telah memperoleh prestasi sebagai juara 1 dalam kompetisi bisnis Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) di Bali.


Ojek Aman dan Modern

Ojek rintisan Nadiem ini dikenal sebagai ojek yang modern dan professional. Hal ini disebabkan ojek miliknya telah dilengkapi dengan fitur GPS. Dengan fitur GPS ini posisi ojek bisa langsung dipantau lewat smartphone. Konsep modern dari Go-Jek ini juga terlihat dari cara pembayarannya dengan credit (My Wallet).

Selain sisi modern, Go-Jek Indonesia juga tidak melupakan faktor keamanan yang merupakan prioritasnya. Keamanan Go-Jek ini bisa dilihat dari para pengemudi ojeknya yang sudah berpengalaman dan memiliki izin mengendara. Pengemudi Go-Jek ini juga dilengkapi seragam resmi berupa jaket dan helm yang bergambar identitas perusahaan Go-Jek.
Dengan ini tentu anda tak perlu khawatir terjebak dan tertipu, karena anda sendiri bisa mengenali pengemudi yang datang menjemput Anda yang sebelumnya juga diberitahukan identitasnya saat anda memesan Go-Jek. Dengan motor dan perlengkapan yang menjamin keamanan berlalu lintas, tentu Go-Jek ingin fasilitas dan layanan yang diberikan bisa memuaskan konsumen.

Layanan Go-Jek

Layanan utama Go-Jek tentu saja adalah mengantar penumpang ke tempat tujuan. Namun selain mengantar penumpang, Go-Jek juga melayani beberapa layanan yaitu layanan antar jemput barang (instant courier) dan layanan pemesanan makanan, belanja, tiket dan lain sebagainya (shopping service).

Khusus layanan shopping, Go-Jek hanya melayani pembelanjaan dibawah Rp 1 Juta. Untuk mengetahui tarif dan pangkalan Go-Jek terdekat yang akan anda pesan, anda bisa mengetahuinya dengan mengakses website Go-Jek (www.Go-Jek.com)
Pesan Go-Jek
Untuk memesan G0-Jek, seseorang hanya perlu menelepon ke hotline Go-Jek. Setelah itu Anda akan diberitahu tarif yang harus dibayarkan. Jika Anda sepakat, maka ojek akan menuju lokasi Anda. Namun, kini pesan Go-Jek akan semakin mudah karena pemesanan kini sudah bisa dilakukan melalui  aplikasi Go-Jek dari Google Play atau Play Store yang resmi diluncurkan awal Januari 2015 kemarin.

Untuk mengaktifkan aplikasi, setelah mengunduh anda harus melakukan registrasi email dan nomor telepon. Setelah itu anda sudah bisa mulai memesan Go-Jek. Aplikasi Go-Jek sendiri sejak peluncurannya kini sudah diunduh sebanyak 15.000 kali dan sudah melayani 25% dari total pemesannnya.

Kerjasama dan Harapan Kedepan

Tak berhenti dengan melayani pelanggan umum, Go-Jek Indonesia kini juga memperbesar jaringan bisnisnya dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan. Dan Sampai saat ini, sudah ada sekitar 40 perusahaan yang memulai kerjasamanya dengan Go-Jek.
Kerjasama dengan perusahaan ini dilakukan dengan tujuan supaya arus keuangan Go-Jek tetap terjaga karena dengan hal itu Go-Jek bisa memperoleh pemasukan dari para pelanggan setianya pada setiap harinya. Go-Jek saat ini memang masing melayani kawasan Jabodetabek, namun kedepannya, Go-Jek melalui Nadiem berharap bisa melayani kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Sumber :


1 komentar:

chikimo mengatakan...

terimakasih informasinya semoga membantu.salam st3telkom

Posting Komentar

 
Themes by bonard alfin blog - blogger templatesSupported by studio rekaman | forum audio | playstation vita