Nama : Dwi Prayogo Kurniadi
NPM : 52411254
Kelas : 4IA05
Pendahuluan
Perkembangan teknologi pada
saat ini banyak sekali jenis – jenisnya contohnya seperti pada jaringan 4G yang
sedang marak didengar dan sudah ada di Indonesia saat ini. Selain dari pada itu
teknologi sekarang tidak lepas dari kebutuhan dari masyarakat yang ingin serba
cepat dan juga tidak lepas dari pemakaian gadget atau smartphone yang sudah
beredar luas di Indonesia ini. Dalam smartphone pun banyak sekali aplikasi –
aplikasi pendukung masyarakat agar mendapatkan informasi secara cepat dan
tepat.
Semua bidang mulai merambah
untuk menggunakan teknologi agar mempermudah pekerjaannya. Termasuk ojek. Ya,
angkutan umum roda dua ini tidak ingin kalah dan tertinggal dengan perkembangan
teknologi yang ada.
Pengguna ojek kini tidak perlu
khawatir. Sebuah perusahaan rintisan (startup) bernama Go-Jek merilis aplikasi
mobile yang dapat digunakan untuk memesan ojek tanpa harus mencari pangkalan di
sudut jalan.
Aplikasi ini hadir pada ponsel
berbasis iOS dan Android. Untuk ponsel iOS pengguna dapat mengunduh secara
gratis di AppStore dan untuk ponsel Android, dapat diunduh melalui Google Play
Store.
Ide dan Sejarah
Kemacetan yang luar biasa di
ibu kota Jakarta memang semakin mengkhawatirkan. Berbagai cara yang telah
ditempuh pemerintah DKI Jakarta sampai saat ini belum mampu mengatasi kemacetan
yang ada. Dengan segudang aktivitas dan mobilitas tinggi yang ada pada
masyarakat ibu kota jelas kemacetan adalah sebuah kendala besar. Jumlah
pertumbuhan kendaraan yang tidak berimbang dengan pertambahan jalanan ini tentu
membuat kemacetan semakin menjadi-jadi. Transportasi umum yang ada di ibu kota
juga belum bisa memberi solusi yang memadai.
Permasalahan kemacetan ini
ternyata membawa ide seseorang untuk membuka sebuah bisnis. Dengan
pengalamannya saat naik ojek dijalanan yang macet inilah, Nadiem Makarim
kemudian menciptakan Go-Jek, sebuah layanan antar jemput dengan ojek modern
berbasis pesanan. Ojek yang merupakan kendaran motor roda dua ini memang
transportasi yang sangat efektif untuk mobilitas di kemacetan kota.
Nadiem adalah sebagian orang
yang pernah merasakan efektifnya ojek tersebut. PT. Go-Jek Indonesia yang sudah
melewati perjalanannya sejak tahun 2011 ini kini sudah memiliki 1.000 armada
ojek yang tersebar diseluruh kawasan Jabodetabek. Setiap harinya Go-Jek bisa
melayani lebih dari 150 orderan personal, belum termasuk orderan perusahaan.
Dengan perkembangannya yang
pesat ini, Go-Jek melalui Managing Directornya Nadiem Makarim telah memperoleh
prestasi sebagai juara 1 dalam kompetisi bisnis Global Entrepreneurship Program
Indonesia (GEPI) di Bali.
Ojek Aman dan Modern
Ojek rintisan Nadiem ini
dikenal sebagai ojek yang modern dan professional. Hal ini disebabkan ojek
miliknya telah dilengkapi dengan fitur GPS. Dengan fitur GPS ini posisi ojek
bisa langsung dipantau lewat smartphone. Konsep modern dari Go-Jek ini juga
terlihat dari cara pembayarannya dengan credit (My Wallet).
Selain sisi modern, Go-Jek
Indonesia juga tidak melupakan faktor keamanan yang merupakan prioritasnya.
Keamanan Go-Jek ini bisa dilihat dari para pengemudi ojeknya yang sudah
berpengalaman dan memiliki izin mengendara. Pengemudi Go-Jek ini juga
dilengkapi seragam resmi berupa jaket dan helm yang bergambar identitas
perusahaan Go-Jek.
Dengan ini tentu anda tak perlu
khawatir terjebak dan tertipu, karena anda sendiri bisa mengenali pengemudi
yang datang menjemput Anda yang sebelumnya juga diberitahukan identitasnya saat
anda memesan Go-Jek. Dengan motor dan perlengkapan yang menjamin keamanan
berlalu lintas, tentu Go-Jek ingin fasilitas dan layanan yang diberikan bisa
memuaskan konsumen.
Layanan Go-Jek
Layanan utama Go-Jek tentu saja
adalah mengantar penumpang ke tempat tujuan. Namun selain mengantar penumpang,
Go-Jek juga melayani beberapa layanan yaitu layanan antar jemput barang
(instant courier) dan layanan pemesanan makanan, belanja, tiket dan lain
sebagainya (shopping service).
Khusus layanan shopping, Go-Jek
hanya melayani pembelanjaan dibawah Rp 1 Juta. Untuk mengetahui tarif dan
pangkalan Go-Jek terdekat yang akan anda pesan, anda bisa mengetahuinya dengan
mengakses website Go-Jek (www.Go-Jek.com)
Pesan Go-Jek
Untuk memesan G0-Jek, seseorang
hanya perlu menelepon ke hotline Go-Jek. Setelah itu Anda akan diberitahu tarif
yang harus dibayarkan. Jika Anda sepakat, maka ojek akan menuju lokasi Anda.
Namun, kini pesan Go-Jek akan semakin mudah karena pemesanan kini sudah bisa
dilakukan melalui aplikasi Go-Jek dari
Google Play atau Play Store yang resmi diluncurkan awal Januari 2015 kemarin.
Untuk mengaktifkan aplikasi,
setelah mengunduh anda harus melakukan registrasi email dan nomor telepon.
Setelah itu anda sudah bisa mulai memesan Go-Jek. Aplikasi Go-Jek sendiri sejak
peluncurannya kini sudah diunduh sebanyak 15.000 kali dan sudah melayani 25%
dari total pemesannnya.
Kerjasama dan Harapan Kedepan
Tak berhenti dengan melayani
pelanggan umum, Go-Jek Indonesia kini juga memperbesar jaringan bisnisnya
dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan. Dan Sampai saat ini, sudah ada
sekitar 40 perusahaan yang memulai kerjasamanya dengan Go-Jek.
Kerjasama dengan perusahaan ini
dilakukan dengan tujuan supaya arus keuangan Go-Jek tetap terjaga karena dengan
hal itu Go-Jek bisa memperoleh pemasukan dari para pelanggan setianya pada
setiap harinya. Go-Jek saat ini memang masing melayani kawasan Jabodetabek,
namun kedepannya, Go-Jek melalui Nadiem berharap bisa melayani kota-kota besar
lainnya di Indonesia.
Sumber :
1 komentar:
terimakasih informasinya semoga membantu.salam st3telkom
Posting Komentar