Jumat, 31 Oktober 2014

Profile PT Telekomunikasi Indonesia Tbk



Profile PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Perusahaan yang akan saya bahasa adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Perusahaan ini bergerak di bidang  informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Alasan saya mengambil perusahaan ini karena saya salah satu pengguna dari Jasa jaringan dari perusahaan ini yaitu adalah Speedy.


Pendahuluan

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) biasa disebut Telkom Indonesia atau Telkom saja (IDX:TLKM ,LSE: TKID, NYSE: TLK) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta.
Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (52,47%), dan 47,53% dimiliki oleh Publik, Bank of New York, dan Investor dalam Negeri.Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 13 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Sejarah
Sejarah dari PT Telkom juga mempunyai beberapa fase, dan fase – fasenya dapat dilihat di bawah ini :
Era kolonial
Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post Telegraaf Telefoon (PTT). Sebelumnya, pada tanggal 23 Oktober 1856, dimulai pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yang menghubungkan Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg).[2] Pada tahun 2009 momen tersebut dijadikan sebagai patokan hari lahir Telkom.

Perusahaan negara

Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).

Perumtel

Pada tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun 1980 seluruh saham PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel. Pada tahun 1989, ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero)
Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Pada tanggal 14 November 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham Telkom. Sejak itu saham Telkom tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES) (keduanya sekarang bernama Bursa Efek Indonesia (BEI)), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham Telkom juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo. Jumlah saham yang dilepas saat itu adalah 933 juta lembar saham.

Tahun 1999 ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi. Sejak tahun 1989, Pemerintah Indonesia melakukan deregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi Indonesia.

Tahun 2001 Telkom membeli 35% saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara Telkom dan Indosat. Sejak bulan Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.
Pada 23 Oktober 2009, Telkom meluncurkan "New Telkom" ("Telkom baru") yang ditandai dengan penggantian identitas perusahaan.


Visi, Misi Dan Tujuan
Visi

Menjadi Perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (“TIMES”) di kawasan regional.
Misi

Menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Visi dan Misi ditetapkan berdasarkan keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012 pada tanggal 30 Mei 2012.

1.      Corporate Culture    : The New Telkom Way
2.      Basic Belief               : Always The Best
3.      Core Values              : Solid, Speed, Smart
4.      Key Behaviors          : Imagine, Focus, Action

SERTA INISIATIF STRATEGIS
·         Pusat Keunggulan.
·         Menyelaraskan struktur bisnis dan pengelolaan portofolio.
·         Percepatan implementasi broadband melalui layanan konvergen.
·         Pengelolaan portofolio nirkabel.
·         Mengintegrasikan solusi ekosistem Telkom Group.
·         Berinvestasi di layanan teknologi informasi.
·         Berinvestasi  di bisnis media dan edutainment.
·         Berinvestasi di bisnis wholesale dan peluang bisnis internasional yang strategis.
·         Memaksimalkan nilai aset di bisnis yang saling terkait.

Mengintegrasikan Next Generation Network (“NGN”) dan Operational support system, Business support system, Customer support system and Enterprise relations management (“OBCE”) untuk mencapai penyempurnaan beban biaya.
Inisiatif strategis ditetapkan berdasarkan keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012 yang ditetapkan pada 30 Mei 2012.

Nilai-Nilai Perusahaan
Budaya Perusahaan The Telkom Way memiliki lima nilai Perusahaan yaitu:Commitment to long-term, Customer first, Caring meritocracy, Co-creation of win-win partnership, dan Collaborative innovation yang selanjutnya kami sebut dengan istilah 5C.
Nilai-nilai 5C merupakan upgrade dari nilai-nilai budaya perusahaan yang terdahulu, dengan lebih menonjolkan terbangunnya perilaku baru  yang spesifik melalui beberapa pendekatan. Pada semester II tahun 2012, Perusahaan menetapkan Great Spirit 3S (Solid, Speed, Smart)  agar lebih memacu pencapaian kinerja unggul.

Evaluasi Implementasi Etika Bisnis dan Budaya Perusahaan
Setiap tahun kami melakukan survei internal untuk mengetahui efektivitas penerapan budaya Perusahaan dan etika bisnis, kami menyebutnya dengan istilah Etika Bisnis Family Survey. Beberapa pertanyaan survei kami tanyakan kepada karyawan secara online agar dapat menjangkau semua karyawan secara cepat, antara lain meliputi: GCG, Etika Bisnis, Tata Nilai The Telkom Way, anti fraud, pengendalian internal, pakta integritas, whistleblowing system, dan lain-lain dan hasil survei tiga tahun terakhir adalah 73,62 poin (tahun 2010); 79,07 poin (tahun 2011) dan 76,53 poin (tahun 2012) dari skala 100 poin.

Cakupan Produk
Cakupan Produk dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ada berbagai macam seperti Phone ,Broadband dan TV. Contoh dari Phone adalah seperti telepon rumah dalam jangkauan SLI, SLJJ dan lain  lain, kemudian untuk broadband seperti akses internet melalui modem dan untuk tv jasa pelayanan televisi dengan nama UseeTv.
1.     My Phone
PT. TELKOM Indonesia Tbk. sebagai sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan baru dengan teknologi terkini yaitu CDMA (Code Division Multiple Access). CDMA adalah teknologi akses voice dan data, dimana setiap user menggunakan code tersendiri yang unik dalam mengakses kanal frekuensi yang sama dalam sebuah sistem. Pada CDMA, sinyal informasi pada transmitter dicoding dan disebar dengan bandwidth sebesar 1.25 MHz (spread spectrum), kemudian pada sisi receiver dilakukan decoding sehingga didapatkan sinyal informasi yang dibutuhkan.

PT TELKOM Indonesia tbk. melalui Divisi Telkom Flexi akan memanfaatkan CDMA sebagai telepon fixed wireless digital yang digunakan sebagai telepon rumah (fixed phone) dan telepon bergerak (mobility). Layanan fixed wireless berbasis CDMA diberi brand “TELKOMFlexi” sebagai telepon bergerak terbatas dalam satu area code, hal ini dimungkinkan karena “TELKOMFlexi” memiliki fitur limited mobility.

Para pakar teknologi telepon seluler sepakat bahwa kecanggihan CDMA jauh melebihi GSM yang sekarang ini banyak dipergunakan oleh operator telepon seluler di Indonesia. Para pelaku bisnis telepon seluler (hand phone) memperkirakan bahwa “TELKOMFlexi” mendapat sambutan positif masyarakat mengingat tarifnya jauh berada dibawah GSM karena biaya investasinya sangat murah. Tentu saja, kehadiran “TELKOMFlexi” membuat lega calon pelanggan telepon yang sudah lama mendambakan telepon hemat maupun pelanggan ponsel yang mendambakan telepon seluler alternatif.

2.     My Broadband
SPEEDY adalah merupakan layanan broadband akses internet dari Telkom Indonesia berkualitas tinggi bagi perumahan serta SME (Small Medium Enterprise).
Speedy menggunakan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Line Subscriber), MSAN (Multi Service Access Node), dan GPON (Gigabit Passive Optical Network), yang menghantarkan sinyal digital berkecepatan tinggi melalui jaringan telefoni secara optimal bagi keperluan konsumsi konten internet, dengan kecepatan data dari 384 kbps hingga 100 Mbps. Tetapi tidak menutup kemungkinan penggunaan teknologi baru lain yang lebih baik/terbaru.
Saat ini Telkom menyediakan 3 (tiga) jenis layanan Speedy:

1. Speedy Reguler: merupakan produk layanan internet broadband yang diperuntukkan bagi pelanggan perumahan (family) atau personal yang hanya membutuhkan akses internet standar misalnya untuk keperluan browsing, chatting, gaming, download email, dan lain-lain. Speedy Reguler ditawarkan dalam paket berlangganan dengan kecepatan mulai dari 384 kbps – 100 Mbps, tergantung kondisi jaringan setempat.
Karakteristik:
  •          SLG (Service Level Guarantee) standard untuk segmen perumahan.
  •          Asymmetric dengan perbandingan upstream jauh lebih kecil dari downstream.
  •          Abonemen / berlangganan.
  •          Unlimited.


2. Speedy Instan: merupakan produk yang diluncurkan oleh TELKOM sebagai salah satu upaya untuk menyediakan layanan broadband yang siap pakai oleh pelanggan (Pay as you use). Pelanggan yang belum berlangganan paket Speedy Reguler dapat menggunakan layanan broadband dengan cara membeli paket harian baik prepaid maupun postpaid.
Karakteristik:
  •          SLG (Service Level Guarantee) standard untuk segmen perumahan.
  •          Asymmetric dengan perbandingan upstream jauh lebih kecil dari downstream.
  •          Pay As You Use.
  •          Limited sampai kuota waktu habis.


3. Speedy Goldmerupakan produk layanan internet broadband yang diperuntukkan bagi pelanggan SME (Small Medium Enterprise) yang membutuhkan layanan internet untuk keperluan bisnis, misalnya mail server kecil, web server pribadi, warnet dll. Speedy Gold ditawarkan dalam paket berlanggan dengan kecepatan mulai 512 kbps – 100 Mbps.
Karakteristik
  •          SLG standard untuk segmen bisnis.
  •          Asymmetric dengan perbandingan upstream lebih kecil dari downstream (kualitas lebih baik dari Speedy Reguler).
  •          Abonemen / berlangganan.
  •          Unlimited.


3.     My TV
UseeTV adalah layanan portal hiburan, informasi dan lifestyle, berupa berbagai macam konten streaming digital maupun aplikasi, seperti video film, video klip musik, karaoke, Live TV, TV on Demand, Live Streaming Radio dan Radio on Demand yang dapat diakses melalui berbagai media seperti Laptop, smartphone (handphone), tablet dan layar televisi (coming soon). Saat ini sudah tersedia aplikasi mobile untuk gadget berbasis iOS (Apple) dan Android. Untuk Blackberry, Symbian dan Windows Mobile dapat mengakses melalui mobile site: m.useetv.com. Untuk aplikasi OS lainnya (Windows Phone) masih dalam tahap development.
UseeTV dapat dinikmati diseluruh area selama terkoneksi dengan internet. Paket Basic adalah layanan gratis yang dapat dinikmati pelanggan USeeTV tanpa melakukan registrasi. Konten yang termasuk dalam paket basic adalah ToVi, VOD, Live TV, dan Radio. Paket Premium / ToVi adalah layanan premium yang dapat dinikmati pelanggan TelkomGroup UseeTV. Konten yang termasuk dalam paket ini adalah paket basic dan konten dengan kategori ToVi yang terdiri dari sub-category New dan Movie. Pada masa promosi bulan September, paket premium (ToVi/Movie) akan dikenakan biaya sebesar Rp.3.500,- belum termasuk PPn, dan setelah masa periode promosi berakhir, biaya langganan per bulan untuk pelanggan ToVi/Movie adalah Rp.10.000,- belum termasuk PPn. Sedangkan untuk paket premium ToVi/New pelanggan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.500,- per dua hari untuk satu film, belum termasuk PPn.

UseeTV menggunakan teknologi adaptive streaming yang memungkinkan layanan UseeTV tetap jalan pada kecepatan internet minimum yang didapat. Kualitas gambar video disesuaikan dengan kecepatan internet yang diperoleh. Fitur seamless juga menjadi andalan dari layanan ini dimana pelanggan dapat melanjutkan menonton acara hiburan dari satu device ke device lainnya, serta melihat history content yang telah dinikmati dan dapat mengulanginya kembali untuk diputar bila diinginkan.

Dapat dinikmati di multi layar (PC/Laptop, tablet/smartphone, dan segera di televisi). Tersedia bermacam layanan hiburan live TV, TV on Demand, Video on Demand (movie), dan radio streaming. TV on demand, dimana pelanggan dapat menikmati tayangan tv 3 hari sebelumnya. Jenis film yang tersedia adalah film-film lokal indonesia dan internasional, jumlah film yang ada saat ini berjumlah 200 judul dan akan ditambah setiap minggunya.


YesTV

YesTV adalah televisi berlangganan yang memberikan tayangan program, informasi, hiburan, olahraga, dan pengetahuan. Saluran TV yang disediakan oleh YesTV tidak berbeda dengan TelkomVision, hal yang membedakannya adalah perangkat keras yang digunakan.
Paket layanan.

Berikut ini adalah macam-macam paket yang disediakan dan stasiun TV yang tersedia. Seiring waktu dan perubahan layanan, di bawah ini adalah paket terbaru yang disediakan YesTV:
  •          Dunia Anak: Cartoon Network, Disney Channel, Disney Junior, JimJam (kode paket: 211)
  •          Dunia Pendidikan: National Geographic Channel, Discovery Channel, Animal Planet, Channel [V], National Geographic Wild (kode paket: 212)
  •          Film Laris: HBO, HBO Signature, Fox Movies Premium, Cinemax, Celestial Movies (kode paket: 221)
  •          Olahraga: STAR Sports, Fox Sports, Goal TV 1, Goal TV 2, Arena (kode paket: 222)
  •          Keluarga Sportif: Diva Universal, MGM, FX, Arena, STAR Sports, Fox Sports, National Geographic Adventure, Discovery Turbo, CNN International, National Geographic Channel, Discovery Channel, Animal Planet, Goal TV 1, Goal TV 2, National Geographic Wild, Channel [V] (kode paket: 231)
  •          Keluarga Fantasi: BBC World, Asian Food Channel, E! Entertainment, FOX, Fox Movies Premium, Max, Celestial Movies, AXN, STAR World, FOX Crime, Channel [V], JimJam, Cartoon Network, Disney Channel, Disney Junior, Travel & Living Channel (kode paket: 232)
  •          Super: HBO, HBO Signature, Max, Fox Movies Premium, Celestial Movies, Fox Sports, STAR Sports, STAR World, AXN, BeTV, National Geographic Channel, Animal Planet, Animax, Channel [V], JimJam, Cartoon Network, Disney Channel, Arena, CNN International, Goal TV 1, Goal TV 2, CNBC Asia, National Geographic Wild, FOX, FOX Crime, FX, Disney Junior (kode paket: 241)
Sepenggal Pendapat :
Saya disini juga salah satu pelanggan dari product PT Telkom yaitu adalah Speedy. Saya telah memakai speedy ini hampir 2 tahun. Selama hampir 2 tahun ini dalam pengoperasian speedy nya sudah cukup memuaskan keluarga saya. Dengan pembayaran awal berkisar Rp 150.000 dengan packet unlimited kalau tidak salah namun sekarang malah bertambah dalam hal biaya. Tetapi dengan menaiknya harga biaya, bandwitchnya pun sekarang lebih stabil.
Sumber  : 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Themes by bonard alfin blog - blogger templatesSupported by studio rekaman | forum audio | playstation vita